Secara umum, masyarakat indonesia mengenal pembangkit listrik tenaga surya / solar system menggunakan batterai sebagai tempat penampungan listrik yang dihasilkan. Listrik yang dihasilkan pada siang hari disimpan dan digunakan kembali pada saat malam hari ketika matahari terbenam. Masalahnya, penggunaan batterai pada kapasitas listrik yang besar memiliki beberapa kendala seperti space atau ruang yang besar untuk penempatan batterai serta biaya penggantian batterai yang mahal pada saat masa umur pakai habis. Net Metering merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dan sudah umum digunakan di seluruh dunia.
Apa itu Net Metering?
Net metering merupakan meteran PLN 2 arah import export yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti battery pada pembangkit listrik tenaga surya. Umumnya, meteran listrik yang digunakan pada perumahan perumahan di indonesia hanya 1 arah ( import ), dikarenakan pelanggan PLN mengimport listrik dari PLN untuk menyalakan peralatan dirumah. Dengan Net Metering, pelanggan PLN yang menghasilkan listrik sendiri menggunakan tenaga surya dan memiliki daya berlebih dapat “dijual” langsung kepada PLN. Pelanggan akan menerima saldo KWH pada Net metering yang dapat digunakan pada malam hari atau pada saat daya yang dihasilkan pembangkit tidak mencukupi.
Dengan adanya Net Metering, pengguna Solar system di rumah tidak perlu lagi menggunakan batttery untuk menampung daya yang dihasilkan sebelumnya.
Bagaimana cara mengganti meteran lama ke Net Metering?
Untuk penggantian meteran lama ke Net Metering, pelanggan bisa melakukan pengajuan langsung ke Rayon PLN setempat.
Berapa biaya penggantian Net Metering?
Biaya penggantian Net metering bergantung pada lokasi pelanggan PLN yang melakukan pengajuan. Umumnya biaya penggantian Net Metering sekitar Rp 3.500.000. Syarat penggantian Net metering yaitu system langganan PLN oleh pengaju harus bersifat pasca bayar. Jika system langganan pengaju masih bersifat prabayar / token, pelanggan harus merubah system langganan menjadi pasca bayar terlebih dahulu.
50/F, Menara BCA Grand Indonesia
JL. M.H. Thamrin No.1,
Jakarta Pusat 10310
Phone : 021 - 5011 2227
Email : dee@indotara.id
APL Tower 6th Floor No. 6 Central Park,
JL. Letjen S. Parman Kav 28,
Jakarta Barat - 11440
Phone : 021 - 5011 2227
Email : dee@indotara.id
Millenium Industrial Estate
JL. Millenium 22 Blok R3 No. 1,
Cikupa, Tangerang - Banten 15720
Phone : 021 - 5011 2227
Email : dee@indotara.id
Wisma HSBC Lt. 6 Suite B
Jalan Asia Afrika No.116,
Kota Bandung, Jawa Barat 40112
Phone : 021 - 5011 2227
Email : bdg.dee@indotara.id
Japfa Indoland Center, Tower I Lt. 10/1008
JL. Jendral Basuki Rahmat 129-137
Surabaya 60271
Phone : 031 - 3360 1490
Email : sby.dee@indotara.id
Wisma HSBC Lt. 6 suite 609
JL. Gajah Mada No.135,
Semarang, Jawa Tengah - 50134
Phone : 024 - 40 300 892
Email : smg.dee@indotara.id
Sutomo Tower Lantai 5H
JL. Sutomo Ujung No.28,
Kota Medan, Sumatera Utara 20235
Phone : 061 - 50 300 594
Email : mdn.dee@indotara.id
Benoa Square Lt. 2
JL. Bypass Ngurah Rai No. 21 A Kedonganan,
Kuta Badung - Bali Indonesia 80361
Phone : 021 - 5011 2227
Email : bali.dee@indotara.id
Fajar Graha Pena Lt. 5
JL. Urip Sumoharjo No. 20,
Makassar - Sulawesi Selatan 90234
Phone : 021 - 5011 2227
Email : mks.dee@indotara.id
Panin Tower Lt. 8 Grand Sudirman
JL. Jendral Sudirman No.7 Klandasan Ilir,
Balikpapan Kota - Kalimantan Timur 76114
Phone : 021 - 5011 2227
Email : bpp.dee@indotara.id
Hartono Mall Yogyakarta Lt. 3
Kaliwaru, Condongcatur,
Sleman, Yogyakarta 55281
Phone : 021 - 5011 2227
Email : yog.dee@indotara.id
Marina Bay Financial Centre Tower 3
17F, 12 Marina Boulevard
Singapore - 018982
Phone : 021 - 5011 2227
Email : sing.dee@indotara.id
Customer Feedback
Kritik dan saran dari Anda sangat berharga bagi kami. Silakan kirimkan kritik, saran, atau keluhan Anda melalui email ini. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik.