Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Tips Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Compressor Screw

Editor: FIki
Tips Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Compressor Screw
Hal yang Harus diPerhatikan dalam Perawatan Compressor Screw

Kompresor udara putar (Rotary Screw ) terdiri dari beberapa komponen internal utama yang dapat aus seiring waktu jika Anda tidak melakukan pemeriksaan tepat waktu. Yang paling utama di antara bagian-bagian ini adalah ujung udara dan rangkaian penggerak, yang masing-masing memberi tekanan pada udara dan menggerakkan mekanisme kompresor udara. Penting juga untuk memeriksa motor dan filter secara berkala dan mengganti pelumas bila perlu.

Dari semua komponen yang terdiri dari kompresor screw, ujung udara adalah yang paling penting karena di sinilah tekanan udara terjadi. Meskipun ujung udara umumnya dapat bertahan setidaknya selama 40.000 jam, ujung udara dapat mengalami kegagalan fungsi sebelum waktunya jika tidak dirawat dengan baik. Airend dapat rusak oleh panas sistem yang ekstrem, cairan kotor, dan kontaminasi.

Untuk mencegah berkembangnya kondisi yang merusak, Anda harus memeriksa ujung udara secara berkala. Periksa masalah berikut selama setiap pemeriksaan ujung udara di kompresor screw anda:

1. Overheating

Pantau tingkat panas kompresor udara secara teratur untuk memastikan bahwa komponen internal tidak terlalu panas.

2. Pelumasan yang tidak tepat

Seperti mekanisme penggerak internal lainnya, ujung udara dapat aus tanpa pelumasan yang memadai. Gesekan antara bagian logam yang dilumasi dengan buruk dapat menghasilkan panas berlebih dan memicu rangkaian masalah.

3. Kondensasi

Jika Anda tidak mengeringkan baki tetesan kompresor udara setiap hari, kondensasi dapat menyebar ke seluruh komponen internal dan menyebabkan masalah sistem. Pengembunan juga dapat menjadi masalah jika kompresor udara tidak memiliki ventilasi yang memadai, khususnya jika dioperasikan dalam kondisi di bawah nol derajat Celcius atau lembap.

4.Korosi

Jika korosi atau karat berkembang di ujung udara atau komponen kompresor udara yang berdekatan, mesin jelas tidak cukup dirawat, dilumasi, dan dikeringkan. Korosi terbentuk ketika permukaan bagian logam menyerap kelembapan atau menghadapi gesekan internal akibat pelumasan yang tidak memadai.

5. Over-pressure


Jika kompresor udara menggunakan terlalu banyak tekanan hanya untuk beroperasi pada level biasa, bagian-bagian di dalamnya telah kehilangan kemampuannya untuk berfungsi seperti biasa. Airend dapat dipaksa bekerja terlalu keras jika mesin bekerja terlalu keras dan terlalu panas karena kurangnya pelumas.

6. Penyesuaian kontrol yang salah

Dalam beberapa kasus, airend akan aus dengan kecepatan yang dipercepat karena pengaturan yang tidak tepat. Operator yang mengawasi area ini semuanya harus memahami pengaturan yang benar dari kompresor udara tertentu dan memantau pengaturan ini setiap hari.

7. Getaran

Jika kompresor udara mengeluarkan getaran yang tidak biasa, bagian internal mungkin mengalami tekanan berlebih. Getaran aneh harus berfungsi sebagai tanda bahaya bahwa kompresor harus dimatikan dan diperiksa untuk masalah airend sesegera mungkin.

8. Kebocoran segel oli

Jika oli bocor, kompresor udara akan kehabisan cairan yang dibutuhkan mekanisme untuk beroperasi dengan benar. Kebocoran oli menghasilkan lebih dari sekadar konsumsi bahan bakar yang boros karena menyebabkan gesekan mekanis dan sistem menjadi terlalu panas. Jika Anda melihat kebocoran oli, matikan kompresor dan segera periksa masalahnya.

9. Kebisingan


Sama seperti getaran, suara aneh dan tidak biasa dari kompresor udara harus berfungsi sebagai tanda bahaya bahwa ada yang salah dengan mekanisme internal. Dalam kompresor udara ulir putar, kebisingan yang tidak biasa biasanya disebabkan oleh bantalan ujung udara yang aus. Berikan perhatian khusus pada kebocoran oli dan suara aneh dari bantalan motor karena ini adalah dua indikator utama masalah yang akan segera terjadi pada kompresor udara.