Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa itu Girder Crane

Editor: Fiki
Apa itu Girder Crane
Crane girder adalah balok logam yang dibentuk sebelumnya di mana kepala mesin atau hoist dari crane berjalan. Girder tersebut biasanya balok profil "I" yang dapat diperkuat di berbagai titik tergantung pada beban dan konfigurasi crane yang terlibat. Mereka mungkin menampilkan beberapa tata letak girder crane seperti girder tunggal atau yang biasa kenal single girder, gelagar ganda atau yang biasa kita kenal double girder.

Konfigurasinya sangat bergantung pada ruang kepala di gedung dan beban yang dirancang untuk diangkat oleh hoist. Crane girder mengalami berbagai tekanan yang seringkali parah selama operasi pengangkatan dan perhatian khusus harus diberikan pada penilaian, penguatan, dan inspeksi serta pemeliharaan berkala.

 
Girder crane umumnya adalah anggota baja balok-I berat yang menyediakan jalur stabil untuk perjalanan derek di atas kepala. Bergantung pada jenis pemasangannya, crane overhead biasanya memiliki antara satu dan tiga gelagar crane. Girder atau overhead crane dilengkapi dengan satu set rol yang berjalan di atas atau di bagian bawah balok I. Pada instalasi single girder, hanya digunakan crab girder. Pada girder crane atau double girder, girder hoist dilengkapi dengan gerbong di kedua ujungnya dan bergerak naik turun ruang pemuatan pada dua girder crane tambahan.

 
Pemasangan single girder crane berguna dalam aplikasi di mana tidak diperlukan gerakan melintang. Juga dikenal sebagai derek monorail, alat berat ini hanya dapat menempuh panjang gelagar dan mengangkat atau menurunkan beban saja. crane jenis ini berguna di ruang sempit di mana pergerakan beban dibatasi oleh panjang ruang. crane ini umumnya berjalan di bagian bawah gelagar yang biasanya didukung di beberapa titik di sepanjang anggota lintas atasnya. Salah satu kerugiannya adalah berkurangnya tinggi kail karena hook atau kail biasanya terletak di bawah girder crane.

 
Type double girder atau girder ganda jauh lebih fleksibel dan memungkinkan gerakan pengait 3 dimensi. Dalam instalasi ini, hoist double girder dapat bergerak melintasi girder crane untuk menutupi luasnya ruang. Selain itu, rakitan girder crane dapat bergerak di sepanjang ruang yang mencakup area yang jauh lebih luas daripada monorail. crane jenis ini memiliki manfaat tambahan karena hoist type double girder dipasang di atas balok penyangga samping atau dinaikkan untuk dipasang di antaranya. Hal ini memungkinkan ketinggian kait yang diperpanjang dan fleksibilitas yang lebih baik.

 
Girder crane, khususnya double girder, secara konstan mengalami sejumlah beban tegangan selama operasi. Ini termasuk tegangan vertikal yang diberikan oleh beban, tegangan lateral yang disebabkan oleh akselerasi dan pengereman hoist double girder, dan tegangan transversal yang disebabkan oleh beban yang berayun. Girder crane sangat sering diperkuat dengan pelat datar atau saluran di sepanjang penampang pemasangannya untuk menahan tekanan ini. Untuk memastikan keamanan personel yang beroperasi dan muatan yang diangkut crane, girder crane harus dihitung dengan benar dan diperiksa secara teratur untuk melihat tanda-tanda kerusakan.

 
Dan yang terpenting dalam perencanaan hoist crane itu ada yang kita kenal CAMBER.


Camber merupakan ruang terbuka yang terdapat pada bawah girder yang memanfaatkan lengkungan lantai suatu girder. Camber biasa disebut dengan anti lendutan karena camber dibuat untuk melawan lendutan yang mungkin terjadi akibat beban yang bekerja. Jika terjadi lendutan maka tidak akan melebihi garis netral girder sehingga masih memungkinkan ruang kosong untuk kegiatan di bawah girder. Pada penelitian ini analisa struktur dengan menggunakan model jembatan yang terdiri dari empat variasi tipe rangka dan tiga variasi ketinggian camber.